Kamis, 23 Juni 2011

Program SBL SMK Negeri 3 Kuningan


IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMKN3 KUNINGAN
SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)
 (ECO SCHOOL)
DEFINISI SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)
Sekolah  Berbudaya Lingkungan adalah pengelolaan pendidikan formal pd jenjang pendidikan dasar & menengah, yg dilandasi oleh kesadaran & pemahaman atas kondisi lingkungan sekolah & lingkungan sekitar saat ini sbg satu unit lingkungan terkecil, dalam rangka mengembangkan cipta, rasa, karsa, & karya untuk memelihara, memperbaiki & meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yg akan datang.

VISI
SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)
SMKN 3 KUNINGAN
“ Terbentuknya generasi yang peduli lingkungan dan mampu mengimplementasikan kepeduliannya dalam kehidupan sehari-hari ”
MISI
SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)
 SMKN 3 KUNINGAN
1. Mengembangkan sumber daya manusia yg memahami & sadar thd kondisi lingkungan saat ini, terutama lingkungan SMKN 3 Kuningan & lingkungan sekitarnya.
2.  Mengembangkan sumber daya manusia yg mampu merumuskan upaya utk memelihara, memperbaiki, & meningkatkan kualitas lingkungan, terutama lingkungan SMKN 3 Kuningan & lingkungan sekitarnya.
3.  Mengembangkan sumber daya manusia yg peduli lingkungan terutama lingkungan SMKN 3 Kuningan & lingkungan sekitarnya, serta mau & mampu mewujudkan kepeduliannya dlm kehidupan sehari-hari.

STRATEGI IMPLEMENTASI
SBL DI SMKN 3 KUNINGAN
1.  Penyusunan konsep SBL melibatkan peran aktif berbagai pihak terkait, sehingga konsep SBL adalah konsep bersama.
2.  Sosialisasi pengembangan SBL dilakukan kepada seluruh warga sekolah.
3.  Komitmen yang kuat dari pihak sekolah untuk melaksanakan SBL secara serius, sistematis dan berkesinambungan. Komitmen diwujudkan dalam bentuk : peraturan sekolah, instruksi atau himbauan 

TUJUAN UMUM
SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)
DI SMKN 3 KUNINGAN
menyediakan wahana yg mampu mendukung & berperan nyata dlm upaya menumbuh kembangkan sumber daya manusia yg berbudaya lingkungan…

RUANG LINGKUP SBL
DI SMKN 3 KUNINGAN
1.  Manajerial SBL, mencakup : struktur kelembagaan, peraturan, program kerja, sumber daya manusia, sarana & prasarana, unit-unit kegiatan siswa, anggaran, kerjasama atau kemitraan, dan monitoring – evaluasi.
2.  SBL dalam aspek pendidikan, mencakup : penjelasan mengenai integrasi pembelajaran lingkungan dlm kurikulum.
3.  SBL dlm aspek pemberdayaan, mencakup : peningkatan sumber daya manusia (SDM), implementasi pemberdayaan dlm pengelolaan lingkungan fisik sekolah & sekitarnya serta apresiasi thd lingkungan sekolah & sekitarnya.
4.  SBL & aspek fisik lingkungan sekolah & lingkungan sekitar, mencakup : lokasi & gedung sekolah, ruang kelas, halaman sekolah, kamar mandi, air bersih, pengelolaan sampah dan limbah cair, RTH, penghijauan/tata taman, efisiensi & penghematan energi / sumberdaya / bahan baku
 
BIDANG GARAPAN SBL
1. Program penataan lingkungan sekolah
2. Penghijauan
3. Kebersihan sekolah & lingkungan
4. Kesehatan lingkungan sekolah
5. Keselamatan kerja
6. Greening the curriculum : pengintegrasian  materi LH ke dalam materi kejuruan
7. Pengelolaan & Pengolahan sampah/limbah
8. Pemberdayaan/pemanfaatan (daur ulang limbah)
9. Kemitraan antar sekolah dan lingkungan sekitarnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar