Selasa, 07 Juni 2011

PERANAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN

SMK Negeri 3 Kuningan adalah sekolah yang menerapkan Sistem Sekolah Berbudaya Lingkungan, oleh karena itu peranan SMKN 3 dalam menerapkan sekolah yang berbasis lingkunganpun sangat ditekankan oleh pihak sekolah khususnya bagian SBL. Sebagai sekolah RSBI SMKN 3 menerapkan sistem Work Habit yang berada di Perusahaan yang kemudian diadop menjadi School Habit yang pada saat ini telah mulai beroperasi khususnya di lingkungan kampus. School  Habit adalah kebiasaan yang dilakukan di perusahaan dalam bekerja apakah itu oleh karyawannya maupun semua komponen yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Dalam rangka menjalankan School Habit SMKN 3 mulai merencanakan beberapa pembangunan yang berhubungan dengan keindahan alam, keutuhan sarana dan prasarana serta kenyamanan bagi semua warga ketika berada di kampus SMKN 3 Kuningan. Adapun pada saat ini SMKN 3 sudah mulai menerapkan School Habit diantaranya dengan menerapkan pemisahan antara pejalan kaki dengan yang membawa kendaraan bermotor yakni dengan adanya jalur hijau bagi pejalan kaki.
Beberapa peranan SMK Negeri 3 Kuningan sebagai Sekolah RSBI ( Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ) yang menerapkan Sistem Sekolah Berbudaya Lingkungan ( SBL ) di kampus adalah sebagai berikut:
1.       Menjadikan SMK Negeri 3 Kuningan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang Berbasis Industri, Berbudaya Lingkungan, Berakhlak Mulia, dan Bertaraf Internasional.
2.       Menerapkan School Habit sebagai sekolah yang cinta akan lingkungan dan alam sekitar.
3.       Menanamkan pada diri peserta didik untuk tidak melakukan hal yang mengancam lingkungan seperti dengan membuang sampah sembarangan, meludah sembarangan, serta membuang sampah sesuai jenisnya.
4.       Mendukung program pemerintah untuk melakukan reboisasi dan melakukan rehabilitasi tentang lingkungan.
5.       Menjaga keutuhan SMKN 3 dalam melakukan penjagaan terhadap lingkungan kampus dan sekitarnya yang masih asri dan belum tercampur oleh polusi kota.
6.       Memanfaatkan letak kampus yang strategis karena dekat dengan pegunungan sehingga diperlukan penataan lingkungan kampus agar terasa kenyamanannya.
RSBI ( Rapi, Sehat, Indah, Bersih )!!! Itulah kampus SMK Negeri 3 Kuningan yang sudah mulai melakukan pembaharuan – pembaharuan dalam aspek alam dan lingkungan baik dari perbaikan tempat parkir guru, parkir siswa, ataupun taman depan kampus yang sudah ditata sedemikian rupa agar terasa kenyamanan pas saat masuk gerbang kampus. Kekhasan kampus ini adalah pada saat masuk kita disuguhkan dengan panorama taman yang cukup menyejukan taman, barulah setelah beberapa meter berjalan kita mulai memasuki lingkungan tempat KBM ( Kegiatan Belajar mengajar ) dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar